Manfaat Menakjubkan Charcoal untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Menakjubkan Charcoal untuk Kecantikan Kulit

Masasih.web.id –¬†Melakukan perawatan wajah menjadi sebuah kewajiban bagi sebagian orang, khususnya perempuan. Maka tak heran, semakin tingginya minat seseorang untuk melakukan perawatan wajah membuat produsen kecantikan kerap melakukan berbagai inovasi.

Berbagai macam produk perawatan wajah dengan bahan-bahan tertentu pun dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu bahan yang saat ini banyak digunakan adalah charcoal atau dikenal sebagai arang.

Kini produk kecantikan dengan bahan ini sedang menjadi tren di masyakarat dan sedikit demi sedikit mulai menggeser popularitas teh hijau. Mulai dari makanan hingga produk kecantikan kulit banyak yang menggunakan bahan charcoal ini sebagai bahan utamanya.

Jangan heran, karena memang charcoal ini memiliki manfaat menakjubkan untuk kecantikan kulit.

Berikut beberapa manfaat charcoal untuk kecantikan kulit.

Mengenal tentang Bahan Charcoal sebagai Produk Kecantikan

Charcoal merupakan arang aktif yang sudah dikenal dan sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Dalam dunia kesehatan, charcoal biasa digunakan untuk obat pencernaan. Selain itu, arang aktif ini juga memiliki peran dalam dunia kecantikan.

Jika kamu perhatikan, berbagai produk kecantikan seperti masker wajah kini menawarkan varian berbahan charcoal. Nyatanya, bahan ini memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit saat digunakan dengan aman dan benar.

Arang aktif atau yang populer disebut activated charcoal ini adalah arang biasa yang telah dipanaskan dengan cara tertentu dan membentuk banyak ruang kecil atau pori-pori di dalamnya, sehingga memiliki kemampuan untuk menyerap. Jenis arang ini berbeda dengan arang biasa karena telah melewati proses tertentu.

Jenis arang tersebut dapat menarik bakteri, racun, zat kimia, kotoran dan partikel berbahaya berukuran mikro lainnya ke permukaan kulit, sehingga membantu kamu untuk mendapatkan kulit sempurna dan melawan jerawat. Bahan ini bahkan dapat mengobati beberapa luka, termasuk akibat gigitan hewan beracun.

Untuk mendapatkan produk perawatan kecantikan ini kini sangat mudah. Sudah banyak toko yang menjual berbagai macam produk dengan bahan charcoal ini.

Baca Juga : Hewan Jinak Ini Ternyata Pernah Membunuh Manusia

Menyeimbangkan Kadar Minyak dalam Kulit

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, bisa banget merasakan manfaat charcoal yang bisa menarik minyak berlebih saat penggunaan pembersih ataupun masker wajahnya.

Kamu bisa menggunakan produk pembersih atau masker wajah berbahan charcoal maksimal satu atau dua kali dalam seminggu untuk menghindari kulit menjadi kering. Bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan bahan ini.

Membersihkan Kulit dengan Baik

Charcoal dapat menjadi pembersih wajah yang sangat baik. Walaupun demikian, pemakaiannya tidak dianjurkan setiap hari karena dapat menyebabkan hilangnya minyak kulit yang sehat, sehingga kelembapan kulit menjadi terganggu.

Memperkecil Pori-pori

Paparan polusi bisa menjadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah. Pori-pori kulit yang tidak bersih akan memengaruhi warna kulit kamu.

Nah, charcoal yang memiliki fungsi untuk mengikat kotoran dan membantu menariknya keluar dari pori-pori kulit. Untuk mendapatkan manfaat charcoal ini kamu bisa menggunakan masker wajah untuk menarik kotorannya sehingga membuat pori-pori kulit menjadi tertutup dan terhindar dari minyak dan kotoran yang biasanya membuat pori-pori menjadi terlihat lebih besar.

Mengobati Jerawat

Kondisi wajah dengan jerawat kerap dirasakan pada beberapa orang. Untuk membantu mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan beberapa produk perawatan wajah yang mengandung bahan charcoal. Charcoal untuk jerawat dipercaya mampu menyerap minyak dan racun yang berada di bawah kulit.

Meski demikian, hal ini tergantung pada jenis jerawat yang dialami. Parah arau tidak dan apa yang menyebabkan jerawat muncul. Untuk mengetahui efektivitas charcoal dalam mengobtai jerawat yang kamu miliki, konsultasikan juga kondisi jerawat kamu dengan dokter.

Menyembuhkan Luka dan Iritasi Kulit

Kandungan zat pada charcoal dapat membantu mempercepat penyembuhan dan meredakan gejala iritasi atau peradangan pada luka di kulit. Bila kamu sedang mengalami kondisi kulit seperti ini, kamu bisa menggunakan salep berbahan charcoal yang dioleskan pada luka kulit ringan, termasuk gigitan serangga, sengatan, luka, goresan, dan infeksi ringan lainnya.

Bahan ini dikenal mampu membantu menyerap racun dan infeksi sehingga dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit.