Kebiasaan Setiap Hari Yang Berakibat Fatal

Kebiasaan Setiap Hari Yang Berakibat Fatal

Kebiasaan Setiap Hari – Dalam kehidupan sehari-hari tak jarang beberapa kebiasaan yang tidak baik tetap kita lakukan meski sejatinya menyadari dan menghetahuinya. Hal ini dikarenakan masyarakat menganggap kebiasaan itu sebagai sebuah kewajaran. Namun ternyata ada beberapa hal yang menjadi kebiasaan yang sebenarnya salah namun dianggap lumrah. Apa saja kebiasaan-kebiasaan unik i

1. Mengkonsumsi makanan bakar-bakar/ panggang

Mayoritas dari kita tentunya menyukai makanan yang dalam penyajiannya di proses dengan di bakar atau di panggang, seperti sate, jagung bakar, roti bakar, pisang bakar. Nah, yang kurang baik adalah bagian gosong dari makanan tersebut karena dapat memicu kanker pada saluran cerna, lambung, kerongkongan dan mulut.

Daging yang di bakar hingga menghitam mengandung banyak zat HCAs yang memicu resiko kanker. Gosongan atau bagian yang hitam pada makanan membuat tubuh bingung mengolahnya, karena sudah merupakan bentuk yang tidak dapat di proses kembali oleh tubuh seperti arang sisa hasil pembakaran yang mengandung karbon.

2. Air panas dan gelas plastik

Pernahkah anda saat lagi duduk menikmati suasana di taman pada malam hari dan kemudian ada penjual kopi lewat serta menawarkan sajian minumannya? nah, biasanya penjual tersebut membawa termos dan minuman berupa aneka kopi sachet yang dituang di gelas plastik. Atau penjual minuman kopi lainnya yang menggunakan gelas plastik demi kepraktisan dalam melayani. Begitu juga saat membeli makanan panas berkuah dalam wadah plastik seperti soto, rawon, gule, capjay. Bahkan minuman botol plastik yang di taruh di mobil dan terkena panas dalam jangka lama.

Mengkonsumsi air panas yang di tuang di gelas plastik merupakan hal yang tidak di anjurkan. Karena air panas dapat membuat zat yang terkandung di dalam plastik tercampur ke dalam air, zat itu disebut BPA. Terlebih jika plastik yang digunakan bukanlah plastik yang layak dan memenuhi standar. Beberapa zat yang telepas dari plastik saat di panaskan atau terlarut oleh air panas dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan hormon.

3. Menggunakan HP ketika di charge

Kebiasaan setiap hari adalah Banyak sekali orang yang menggunakan HP ataupun alat elektronik yang sedang di fee. Mereka menganggap hal tersebut tidak bermasalah dan tidak berdampak apa-apa, namun sebenarnya ketika alat elektronik di rate dan digunakan dalam waktu yang bersamaan maka dapat mengalami korsleting dan membuat handphone menjadi panas. Seharusnya ketika sedang di rate hindari untuk menelepon maupun mengoperasikannya.

4. Cara menggunakan bantal leher

Kebiasaan setiap hari selanjutnya adalah Jika sedang bepergian jauh dan merasakan pundak lelah maka salah satu yang digunakan adalah dengan menggunakan bantal leher yang empuk. Namun ternyata masyarakat memiliki kebiasaan yang salah dalam menggunakan bantal leher tersebut. Kebanyakan akan menggunakan bagian leher depan terbuka, padahal penggunaan yang tepat adalah posisi bantal leher menutupi bagian depan.

Fungsi bagian yang lengkung di depan dan yang terbuka di belakang adalah, buat kita saat menyandar ke samping jadi bisa merasakan empuk dan menjaga leher agar tidak pegal saat tertidur dalam perjalanan. Tapi jika jika bagian yang lengkung di bagian belakang leher maka saat kita menyandar di kursi pada posisi duduk maka akan sedikit mengganjal karena ada bantalan di belakang leher.

5. Menggunakan obat nyamuk

Salah satu hal yang dianggap lumrah namun sebenarnya salah adalah menggunakan obat nyamuk dalam waktu yang lama. Obat nyamuk adalah salah satu jenis gasoline karbondioksida dan jenis pestisida berbahaya. Bahayanya jika dihirup dalam waktu lama dapat menyebabkan sesak nafas dan kanker.

6. Kaos kaki di dalam sepatu

Setelah seharian bersepatu dan memakai kaos kaki, kadang kita setelah di rumah langsung menaruh kaos kaki ke dalam sepatu. Hal ini kuranglah tepat karena kaos kaki yang telah kita pakai tadi masih mengandung keringat dan lembab. Menaruh kaos kaki ke dalam sepatu setelah di gunakan, dapat membuat aroma kaos kaki tidak menyenangkan pada saat kita mau memakainya keesokan harinya. Taruhlah kaos kaki yang telah di pakai di place terbuka dan terkena angin, agar saat di pakai keesokan hari tidak berbau.

7. Mangkok, piring dan gelas pada jajanan pinggir jalan

Mengkonsumsi makanan seperti bakso, mie, soto, siomay dan aneka jajanan lainnya di pinggir jalan merupakan hal yang lumrah. Nah, yang perlu di amati adalah ketika penjualnya menjajakan makanannya secara keliling atau di pinggir jalan serta penjualnya menyediakan mangkok atau piring bagi pembeli yang ingin menyantapnya di lokasi. Tingkat kebersihan dari piring atau mangkok yang telah di pakai inilah yang perlu anda cermati.

Tak jarang penjual hanya mencelup mangkok dan piring kotor yang telah di pakai pembeli di ember kecil kemudian mengelapnya. Kebersihan dari makanan yang anda makan, baik dari bahan makanannya dan wadahnya sangatlah di perlukan untuk menjaga kesehatan anda.

Itulah beberapa kebiasaan setiap hari yang kita lakukan tanpa mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan , untuk itu kita harus berhati-hati lagi dalam mengonsumsi segala sesuatu karena kesehatan itu lebih penting dari apa pun.