Ini Dia 7 Makanan Khas Indonesia Yang Kelezatannya Hingga Di Akui Dunia.

Ini Dia 7 Makanan Khas Indonesia Yang Kelezatannya Hingga Di Akui Dunia.

Inilah Beberapa Makanan Khas Indonesia yang sudah terkenal hingga di restoran luar negeri pun menghidangkan makanan khas Indonesia ini dengan harga yang sangat fantastis

Beberapa Makanan Khas Indonesia memiliki berbagai keunikan di dalam setiap budaya dan kulinernya. Salah satu aspek yang terkenal dari Indonesia adalah kelezatan dari kulinernya. Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang sangat menakjubkan, bahkan kini sudah terdapat lebih dari 5350 resep kuliner asli yang ada di seluruh nusantara.

Berikut beberapa makanan asli Indonesia yang telah mendunia dan memiliki cita rasa yang khas, Masa Sih??

1. Nasi Padang

Nasi Padang

Siapa yang tidak kenal atau tidak pernah mencoba nasi padang, makanan khas Indonesia yang satu ini telah sukses menjadi kuliner terkenal di seluruh dunia. Makanan yang aslinya berasal dari wilayah Padang, Provinsi Sumatera Barat ini memang sudah terkenal dimana-mana, bahkan di seluruh Indonesia pasti akan menemukan tempat makan Nasi Padang.

Hal tersebut memang diduking dengan penduduk asli Padang yang senang merantau, sehingga ketika sudah dewasa akan pergi keluar pulau dengan membawa resep asli wilayahnya. Masakan Padang memang terkenal dengan kelezatannya, memiliki ciri khas dari rempah-rempah yang sangat komplit membuat makanan yang satu ini mudah digemari oleh seluruh masyarakat.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Di negera Indonesia selain dikenal karena kebudayaannya yang sangat beraneka ragam, tapi Indonesia juga di kenal karena makanannya yang sangat enak. Meskipun berbahan dasar yang sangat sederhana seperti nasi, namun rasa dari nasi goreng berhasil membuat seluruh dunia mengakuinya, karena berbahan dasar yang sederhana. Nasi goreng merupakan masalakan rumaha yang sangat mudah untuk dibuat. Memiliki rasa yang sangat enak dengan bumbu khas Indonesia membuat semua orang menjadi ketagihan dengan makanan satu ini.

Bahan utama untuk membuat nasi goreng adalah nasi putih yang dimasak menggunakan bumbu dasar seperti saus, kecap manis dan juga bawang. Untuk mendapatkan rasa nasi goreng yang semakin nikmat, dapat ditambahkan topping seperti telur, sosis dan yang lainnya. Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang dijadikan favorit oleh beberapa artis Korea yang sempat berkunjung ke Indonesia.

Beberapa masyarakat luar yang mencoba nasi goreng untuk pertama kalinya merasa sangat penasaran mengenai resep dan bagaimana cara membuatnya, Nasi goreng berhasil menduduki posisi nomor 2 sebagai masakan terlezat di tahun 2017.

3. Nasi Kuning

Nasi Kuning

Para turis tidak hanya mau mencari nasi padang maupun nasi goreng ketika mereka berkunjung ke Indonesia. Makanan enak lainnya yang difavoritkan dan memiliki banyak penggemarnya adalah nasi kuning. Di Indonesia nasi kuning dijadikan sebagai makanan untuk acara-acara penting seperti pernikahan , tasyakuran dan juga hajatan tradisional.

Nasi kuning memiliki warna kuning yang berasal dari rempah kunyit yang sangat menyehatkan. Nasi kuning ini juga dapat dikonsumsi dengan berbagai lauk seperti telur, ayam , mie maupun sayuran. Tampilan dari nasi kuning juga sangat unik pada saat di sajikan dalam acara syukuran yaitu berbentuk seperti kerucut tinggi dan model tersebut biasanya dinamakan tumpeng.

4. Rendang

Rendang

Makanan Khas Indonesia selanjutnya Berbahan dasar daging sapi yang sangat nikmat dengan bumbu komplit khas Indonesia menjadikan Rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang telah dikenal dunia. Rendang merupakan makanan asli dari daerah Minangkabau atau Minang, makanan yang terkenal dengan cara memasaknya yang sangat lama yaitu sekitar 6 jam.

Namun dengan waktu memasak yang begitu lama seakan terbayar ketika kita menikmati lezatnya makanan yang satu ini. Dengan bumbu rendang yang sangat enak yaitu berasal dari santan kelapa, cabai, kunyit, bawang dll. Ketika makanan ini sudah jadi maka warnanya akan menjadi hitam dan coklat pekat, namun jangan dilihat dari warna maupun penampilannya, karena rasanya yang sangat enak membuat kamu lupa dengan warnanya.

Rendang menduduki posisi puncak sebagai makanan terenak di dunia. Beberapa orang dari luar negeri yang mencoba masakan ini merasakan sesuatu yang baru namun terasa sangat familiar, meskipun mereka belum pernah mencicipinya. Faktor lainnya adalah bumbu yang meresap kedalam daging sehingga menciptakan sensasi yang lezat. Bahkan pembuatan rendang otentik memiliki cara spesifik yang menunjukan konsep memasak yang bernilai tinggi.

5. Gudeg

Gudeg

Di wilayah Jogja selain dikenal dengan candi borobudurnya juga memiliki makanan khas seperti Gudeg. Memiliki rasa yang manis dan sangat lezat, gudeh merupakan masakan yang memiliki cita rasa khas masyarakat Jawa, lebih tepatnya Jawa Tengah.

Gudeg ini berbahan dasar buah nangka muda yang diberi santan serta bumbu. Dengan rasanya yang sangat enak ketika disantap dalam keadaan hangat, banyak sekali yang menyukai makanan ini apalagi jika ditambah dengan gorengan maupun daging , telur , tempe dan juga ayam.

6. Tempe

Tempe

Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam, mulai dari makanan berat hingga cemilan yang memiliki banyak penggemarnya. Salah satunya adalah tempe, makanan yang telah mendunia satu ini telah mendapatkan tempat di hati semua orang.

Begitu banyak restoran di luar negeri yang telah membuka menu masakannya dengan bahan dasar tempe. Lezatnya tempe dan juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi membuat tempe diburu semua orang karena dapat dioleh menjadi beraneka macam seperti digoreng, dibacem maupun dijadikan keripik.

Selain itu, tempe juga merupakan makanan yang cukup populer di kalangan orang yang mengonsumsi makanan vegetarian. Karena tempe di nilai memiliki kandungan yang pas untuk nutrisi dan kaya akan protein. tempe juga mulai tersedia di berbagai toko makanan, yang dikemas secara modern. Bahakn mulai banyak home industri di luar negeri yang memproduksi tempe sebagai produk utamanya dengan berbagai merek tempe.

Namun sayangnya, hak paten pengelolaan tempe secara pabrik maupun modern, telah di ambil oleh negara lain. Bahkan ragi tempe yang khas tiap daerah saja belum di patenkan oleh penggunanya, misalnya ragi tempe yang khas dan ada di aren Malang dan juga Cangar belum di daftarkan sebagai aset daerah.

7. Gado-Gado

Gado-Gado

Di luar negeri terkenal sebuah makanan yang bernama salad, namun di Indonesia sendiri juga memiliki makanan yang hampir serupa dan namanya adalah Gado-Gado. Gado-Gado merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Sunda dan menyebar ke seluruh Indonesia. Dan gado-gado sangat segar karena berbahan dasar dari sayuran dengan sausnya yang gurih.

Saus yang dituangkan diatas sayuran ini berbahan dasar kacang dan ada juga yang menambahkan santan kedalamnya. Sayuran dari Gado-Gado ini diantaranya wortel, kubis, kentang, kecambah , telur dan beberapa sayuran lainnya serta irisan lontong atau ketupat. Nikmatnya, menakala menyantap gado-gado jika diatasnya diberi tambahan emping yang sangat gurih dan crunchy.

Itulah beberapa makanan khas indonesia yang kini sudah menjadi terkenal , mungkin saja tidak hanya ini saja , bisa saja ada lebih banyak lagi makanan yang sedang di buru oleh para turis saat berkunjung ke Indonesia.