Bahaya Mandi Setelah Olahraga

Bahaya Mandi Setelah Olahraga

Bahaya Mandi Setelah Olahraga – Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami dapat menyempurnakan artikel yang sudah kami kumpulkan dengan data-data dari sumber yang terpercaya mengenai bahaya mandi setelah olahraga.

Berolahraga tentunya membuat tubuh kita kelelahan dan berkeringat. Membayangkan segera mandi untuk membasuh tubuh kita dengan air segar setelah berolahraga tentu terasa sangat menyenangkan dan menyegarkan.

Namun, sering kali orang tua kita dulu melarang kita untuk langsung mandi pasca berolahraga. Kendati waktu kecil kita mendengarkan nasihat itu seperti kurang masuk akal, ternyata wejangan tersebut bukan hanya mitos, lho!

Saat berolahraga, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan agar otot-otot yang kaku menjadi regang dahulu supaya menghindari cedera. Begitu juga dengan pendinginan setelah berolahraga.

Usai olahraga tubuh kita akan panas dan tekanan darah juga meningkat. Jika kita langsung mandi tanpa mendinginkan tubuh kita lebih dulu, siap-siap deh mendapatkan enam risiko di bawah ini.

1. Penyempitan pembuluh darah

Dalam kondisi yang masih berkeringat setelah olahraga, suhu tubuh kita masih panas dan apabila terkena air akan membuat perubahan suhu di tubuh kita menjadi tidak stabil. Dampak yang bisa langsung terasa apabila air memasuki tubuh melalui pori-pori yang terbuka ini adalah menggigil.

2. Risiko pusing

Perubahan suhu yang terjadi teralu drastis, sehingga membuat tubuh kita terkejut dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing.

3. Risiko nyeri sendi hingga rematik

Tidak hanya mandi malam saja, ternyata mandi sesaat setelah olahraga juga dapat membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap risiko nyeri sendi hingga rematik. Hal ini terjadi akibat tubuh yang harusnya melepas keringat, malah terhambat dengan masuknya air yang digunakan untuk mandi.

Baca Juga:Kebiasaan Sepele yang Katanya Bikin Hubungan Ngebosenin

4. Mudah terserang flu

Memang segera mandi setelah berolahraga membuat tubuh terasa lebih cepat segar kembali. Namun ternyata, tahukah kamu jika kondisi tersebut ternyata adalah momen melemahnya daya tahan tubuh kamu? Pada saat-saat ini lah tubuhmu jauh lebih rentan terhadap berbagai virus, utamanya virus flu.

5. Fungsi kelenjar keringat menurun

Pori-pori akan terbuka ketika kita selesai berolahraga. Lalu, kelenjar keringat akan melakukan tugasnya mengeluarkan hawa panas dan sisa racun dari tubuh. Nah, jika kamu langsung mandi saat fungsi-fungsi tubuh ini sedang bekerja, ke depannya kinerja dari sistem kelenjar keringat itu sendiri akan menurun dan berdampak bagi kesehatanmu di kemudian hari.