Tsunami Terbesar Sepanjang Masa

Tsunami Terbesar Sepanjang Masa

Tsunami Terbesar Sepanjang Masa – Pada tahun 2004 lalu, gempa berkekuatan 9,1 SR dan gelombang tinggi mencapai 30 meter juga meluluhlantakkan wilayah Aceh, Sumatra Utara. dampak dari gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia saja.

Sekitar 230 ribu orang di 14 negara meninggal akibat gempa dan tsunami di Aceh. 170 ribu di antaranya ada di Indonesia, Tak heran jika gelombang tsunami di Aceh yang terjadi pada bulan Desember 2004 lalu tercatat sebagai salah satu bencana alam terparah sepanjang sejarah.

ternyata masih ada tsunami-tsunami terdahsyat lainnya yang pernah terjadi di dunia ini.

1. Tsunami Lisbon
Pada 1 November 1755, gempa berkekuatan 9,0 SR mengguncang wilayah Lisbol, Portugal. Gempa ini mengakibatkan sejumlah bangunan roboh dan kebakaran yang menyebabkan banyak orang meninggal dunia karena terbakar hidup-hidup.

40 menit setelah gempa, muncul gelombang tsunami yang tingginya hampir mencapai 30 meter. Gelombang tsunami ini pun mengakibatkan setidaknya 70 ribu warga di Portugal, Spanyol dan Maroko meninggal dunia.

2. Tsunami Arica
Pada tahun 1868, gempa berkekuatan 8,5 SR mengguncang wilayah Arica, Peru. Gempa ini mengakibatkan tsunami di sekitar Samudera Pasifik.

Tingginya gelombang tsunami saat itu mencapai 14 meter. Akibatnya, sebagian besar kapal di pelabuhan hancur dan lebih dari 25 ribu orang meninggal.

Baca juga :

3. Tsunami Krakatau
Jauh-jauh hari sebelum tsunami meluluhlantakkan wilayah Aceh, ternyata Indonesia juga pernah diterjang tsunami yang juga dahsyat. Bencana tersebut terjadi akibat letusan gunung api krakatau pada tahun 1883.

Bahkan letusan ini disebut letusan gunung berapi paling mematikan sepanjang sejarah. Tiga letusan pertama menyebabkan ledakan yang hebat. Sementara letusan keempat menyebabkan tsunami yang merusak daerah-daerah di sekitar pesisir. Setidaknya, lebih dari 36 ribu orang tewas akibat bencana ini.

4. Tsunami Tohoku
Pada tahun 2011, Jepang sempat diguncang gempa dahsyat berkekuatan 9,1 SR. Gempa ini mengakibatkan tsunami dengan ketinggian hingga 40 meter.

Akibatnya, 120 ribu unit bangunan hancur dan ribuan orang menjadi korban jiwa. Tak sampai di situ saja, Tsunami Tohoku juga menyebabkan kegagalan di PLTN Fukushima Daiichi yang berbuntut pada kebocoran bahan radioaktif.