Kondisi Medis Aneh dan Langka yang Pernah Dialami Manusia Part 2

Kondisi Medis Aneh dan Langka yang Pernah Dialami Manusia Part 2

Masasih.web.id –¬†Masih terdapat banyak kondisi medis aneh dimana terkadang membingungkan masyarakat serta ahli kesehatan. Sekalipun bisa dijelaskan secara ilmiah, namun tetap saja beberapa fenomena kesehatan terdengar aneh.

Walau begitu, beberapa kondisi medis yang langka dan aneh memang nyata. Berikut beberapa kondisi aneh yang pernah ada di dunia bagian ke dua.

6. Alice in Wonderland Syndrome

Dalam cerita novel karya Lewis Caroll “Alice’s Adventure in Wonderland”, karakter utamanya mengalami transformasi magis. Dia bisa menyusut dan membesar. Hal ini juga dialami oleh beberapa orang dengan kondisi neurologis yang juga disebut Sindrom Todd.

Pasien yang mengalami sindrom ini biasanya akan mengalami migrain yang mengubah persepsi ukuran dan jarak dan bisa bertahan hingga satu jam. Seseorang akan melihat objek atau orang lain menjadi sangat besar, sangat kecil, atau lebih jauh daripada yang sebenarnya.

Pasien juga terkadang mengalami halusinasi, serta kebingungan akan waktu. Biasanya, anak-anak paling rentan mengalami hal ini dan terjadi menjelang tidur.

7. Lidah geografis

Sindrom ini menyebabkan lesi yang tidak berbahaya namun berpotensi menyakitkan di lidah. Biasanya, lidah akan mengalami bercak merah dan putih yang sering dikelilingi perbatasan kuning, mirip dengan letak geografis pada peta.

“Penyebab ini tidak diketahui. Namun, situasi dan kondisi penghasil stres termasuk alergi, gangguan hormonal, defisiensi nutrisi, gangguan psikologis, Sindrom Reiter, dan bahkan makanan pedas berhubungan dengan GT (Geographic Tongue),” tulis sebuah studi di 2005.

Baca Juga : Kondisi Medis Aneh dan Langka yang Pernah Dialami Manusia Part 1

8. Sindrom manusia serigala

Orang yang mengalami sindrom ini tidak dapat mengontrol pertumbuhan rambutnya secara permanen. Hal ini dikarenakan adanya kelainan genetik yang dikenal sebagai cognital hypertrichosis lanuginose.

Mutasi genetik tersebut tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin atau usia. Pertumbuhan rambut bisa terjadi di seluruh tubuh atau hanya di beberapa daerah.

9. Sindrom bau ikan

Kondisi ini membuat seseorang mengalami bau amis seperti ikan di urin, keringat, hingga napasnya. Hal tersebut dikarenakan oleh defisiensi enzim yang memecah trimetilamin (TMA).

Kondisi ini tidak ada obatnya, tetapi seseorang bisa menguranginya dengan diet bebas TMA seperti menghindari kacang-kacangan, telur, dan jenis ikan atau daging tertentu.

10. Sindrom kepala meledak

Sindrom kepala meledak menyebabkan seseorang berhalusinasi tentang suara tembakan, simbal, atau ledakan di dalam kepalanya bahkan saat mencoba tidur. Walaupun tidak menyakitkan, namun ini sangat mengganggu.

“Beberapa orang memilikinya sekali dalam seumur hidup mereka, sedangkan beberapa orang mengalaminya hingga tujuh kali per malam,” kata Direktur Psychology Clinic di Washington State University, Amerika Serikat Brian Sharpless.

Sharpless mengatakan, kondisi ini biasanya disebabkan oleh insomnia, gangguan tidur atau kecemasan tertentu. Dia menambahkan, mengatur dan memiliki tidur yang baik adalah salah satu cara untuk mengatasinya.